3 Hal Ini Jadi Dilema Bagi Wanita Pekerja!

Wanita karier atau wanita pekerja kerap mengalami dilema terutama ketika mereka sudah menikah dan memiliki anak. Menurut Yuki Yunansih, M.Psi, psikolog, dilemanya adalah antara mengurus anak di rumah ataukah tetap bekerja.

Ditambahkan oleh dra. Henny E. Wirawan, M.Hum, Psi, Qia, psikolog, wanita pekerja yang bekerja karena masalah keuangan umumnya merasa bersalah atau mengalami dilema bila meninggalkan anaknya untuk bekerja. Mereka umumnya ingin tetap di rumah, tetapi penghasilan suami tidak memadai.

Sementara wanita yang bekerja karena ingin mengaktualisasikan diri sudah memiliki persiapan bagaimana mengurus anak, menitipkan anak dan lain-lain.

Berikut penjelasan timbulnya dilema pada wanita bekerja sekaligus cara mengatasinya:

  1. Jam Kerja Ketat. Anda memerlukan jam kerja fleksibel untuk dapat merawat anak-anak bila mereka sakit, tetapi atasan sangat kaku dan menuntut Anda harus tetap berada di kantor pada saat jam kerja. Tentukan batasan-batasan, kapan akan tinggal di rumah dan kapan merasa cukup nyaman untuk ke kantor, meninggalkan anak dengan pengasuhnya. Misalnya bila anak demam atau panas tinggi, Anda tidak akan ke kantor, sementara jika si kecil hanya sakit perut biasa, Anda tetap ke kantor sambil terus memantau perkembangannya. Perjelas dari awal dengan atasan mengenai kebutuhan Anda bila sewaktu-waktu harus izin karena tidak ada yang menjaga anak.
  2. Mengatasi Konflik. Anda dapat menjumpai berbagai ragam konflik kepribadian di tempat kerja. Bila berhadapan dengan rekan sekerja yang memiliki karakter aneh, hindari keinginan Anda untuk bertengkar dengannya. Atasan akan menghargai kedewasaan dan kemampuan Anda dalam bekerja, serta menghargai sikap Anda yang tidak meladeni rekan sekerja yang bersikap aneh.
  3. Tak Cocok dengan Atasan. Jika atasan berkarakter aneh, mulailah berpikir untuk pindah kerja. Sangat sulit bila konflik yang Anda hadapi justru dengan atasan. Bila merasa nyaman untuk membicarakan permasalahan yang diadakan dengan atasan, boleh saja Anda coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *